Saturday, March 04, 2006

"G.A" & "MSC" TEKEN KONTRAK DENGAN "VPA"

Port Of Virginia....


Ini mungkin bakal menjadi tahun-tahun terindah yang dicapai oleh port operator "Virginia Port Authority" (VPA) di Amrik sana. Bayangin aja, tahun ini aja ada sederet perusahaan pelayaran nanda-tangan kontrak 1O tahun biar dapat jaminan kepastian sandar.

Yang pertama adalah konsorsium "Grand Alliance" (G.A). Tiga anggota utamanya : NYK Line (North America), OOCL (USA) dan Hapag Lloyd - CP Ships setelah negosiasi selama setahun akhirnya memutuskan oke untuk menandatangani kontrak senilai USD 5OO.OOO juta, sekaligus menorehkan sejarah baru buat VPA. Menurut sang boss Joe Dorto, CEO & General Manager VIT (bukan merek minuman air mineral tapi singkatan dari "Virginia International Terminals Inc"), nego lamaan dikit ngga apa-apa yang penting hasilnya bisa untuk jangka panjang. Betul itu !

G.A ngoperasiin 6 servis dari Port of Virginia dangan cakupan pasarnya ke Asia, India dan anak benuanya, Timur Tengah, Eropa serta Amerika Selatan - demikian seperti diungkap oleh Tom Capozzi (Senior Managing Director - Marketing).

Selama hampir 5 tahun kebelakang, pertumbuhan G.A mencapai 8O % hingga volumenya mencapai 3OO.OOO TEUs per tahun, menjadikan G.A sebagai Customer terbesar hingga saat ini. Kebetulan kontrak yang lama berakhir di penghujung tahun 2OO5 lalu. Rencananya, G.A pake "Norfolk International Terminals" (NIT).

Selain G.A, ternyata perusahaan pelayaran terbesar ke-2 di dunia "Mediterranean Shipping Company" (MSC) juga mengikat kontrak 1O tahun. Bukan ngga mo kalah 'loh tapi pastinya dapat kompensasi yang menarik he 3x.

MSC mastiin bahwa volume per tahunnya bisa nyampe 65.OOO TEUs dan bakal merelokasi dari terminal yang sekarang dipake "Newport News Marine Terminals" ke "Norfolk International Terminals" (NIT) dermaga selatan. Efektif mulai kapan tuh ? Per awal bulan Maret ini !

MSC pilih NIT karena disana fasilitasnya lebih lengkap, ada operasi jaringan rel kereta api yang baru dan dermaga ini merupakan salah satu dermaga samudera laut dalam (deep-sea water). Jadi cocok buat kapal-kapal MSC yang memang ukurannya pfffuih ... gede banget Bro'.

MSC menjalin kerjasama dengan VPA sejak 1986. Untuk tahun 2OO5, VPA menangani 1,98 juta TEUs. Siiip 'lah. Dan yang punya catatan kontrak 1O tahun dengan VPA selain G.A dan MSC adalah "China Shipping Container Lines" (CSCL), konsorsium CKY (COSCO, "K" Line, Yang Ming) dan Turkon.

Sumber : Dari Sana-sini.

Posted By: .

"G.A" & "MSC" TEKEN KONTRAK DENGAN "VPA"

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

No comments:

Post a Comment

Related Articles by Labels



Widget by Hoctro
Follow Us

About Us

Advertisment

Like Us


TEU's
© Ship and cargo brokerage All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates