Wednesday, August 02, 2006

5000 mt sbpp 56'

Istanbul....


Please offer for:

5000 mt sbpp 56'
Constanza / Agadir
1500 bends
6/10 aug
2,5 pct past

Plsd. to hear.

Randi shipping Co. ltd.- Istanbul
Phone +90 (212) 236 3470
Facsimile +90 (212) 258 4870
Mobile +90 (532) 211 2935
http://www.geocities.com/mvonur/index.html

Posted By: .

5000 mt sbpp 56'

Tuesday, August 01, 2006

LANGKAH EKSPANSIF DP WORLD

DP World....


Dalam beberapa tahun kedepan, kekhawatiran top leader global operator seperti "Hutchison Whampoa Ltd" dan "PSA International" terhadap sepak terjang "Dubai Ports World" (DP World) kayaknya bakal betul-betul maujud dengan langkah-langkah ekspansif yang udah bisa dilihat dari sekarang. Ngga perlu nunggu nanti.

Di tahun ini aja, "DP World" ngumumin bakal membenamkan investasi lebih banyak di kawasan RRCina, Timur Tengah, Mediterania dan Amerika Utara (baca : Kanada). Buat kawasan Amrik yang masih alergi dengan sentimen anti-Arab maka alokasi dananya dialihkan ke negara tetangga terdekat. Mereka bisa berkomentar, emangnya nyari duit cuma di Amrik doang ?

Salah satu negara tetangga yang sangat menerima kehadiran investor luar negeri adalah Kanada. Sebelumnya 6 (enam) pelabuhan di Amrik ex P&O Ports yang seharusnya berpindah tangan ke DP World tetapi karena alasan keamanan nasional, ditolak mentah-mentah oleh Parlemen Amrik. Port of Vancouver sebaliknya, melihat kerjasama dengan DP World, murni dari kacamata transaksi bisnis (komersil) bukan dari sisi politis. Dunia oh dunia.

Di Vancouver sendiri ada beberapa terminal besar yang dioperasikan, seperti : "Centerm" (P&O Ports punya konsesi di 2 dermaga), "Vanterm" dan "Deltaport". Seperti halnya pantai barat Amrik yang ketiban rejeki dengan booming-nya perekonomian RRCina maka Vancouver pun menikmati pertumbuhan volume kargo tahun 2OO5 sebesar 6 %, menjadi 1,8 juta TEUs dan kargo RRCina kasih kontribusi growth 1O %.

Sementara itu, area lain yang diincar adalah kawasan Med. Beberapa waktu lalu rombongan besar dari Dubai mengunjungi Yunani didampingi penggede dari Kementerian Perhubungan Yunani, Manolis Kefaloyiannis. Pelabuhan yang dijenguk adalah : Piraeus, Thassaloniki dan Tympaki (Kreta). DP World cenderung memilih ke Tympaki.

Dimanapun juga, DP World udah menegaskan. Duit ngga masalah. Dimana ada peluang, do’i bakal ngegarap abiiiz. Asal mendayagunakan SDM setempat, kayaknya gejolak sosial bisa diminimalisir. Saat ini DP World menjadi operator pelabuhan ke-3 terbesar didunia setelah mencaplok aset "P&O Ports" tahun lalu dengan nilai transaksi fantastis, USD 6,8 milyar.

Selamat berekspansi dan semoga sukses.

Sunday, July 30, 2006

MAERSK DIISUKAN MO AKUISISI (LAGI)

Sang raksasa....


Isu panas biarlah berlalu, begitu kalo orang awam selalu menilai. Tapi yang panas-panas begini yang bisa bikin naik darah karena ujung-ujungnya berbuah polemik dan bikin panas hati. Apalagi kalo ada embel-embel rasionalisasi. Hrrrr ... gerah deh.

Industri pelayaran sering didera isu panas terkait dengan akuisisi ato merger ato pembajakan bos-bos besar di tingkat atas. Kitaorang disini cuma mo sharing aja. Benar ngga-nya, khan biasanya intuisi Pembaca lebih pas ketimbang penebar gosipnya dan si empunya lakon. Gitu 'loh.

Dua hari lalu 27/7 siang di satu media online ada info sekilas bahwa "A.P Moller-Maersk Group" lagi nego en ngedekatin induk sebuah perusahaan pelayaran besar di Eropa. Namun untuk urusan apa, itu dia yang masih direka-reka oleh analis. Sebagian langsung beranggapan, bisa jadi bakal ada merger ato akuisisi lagi nih. Apa iya ? Pasalnya, yang didekatin juga pelayaran kelas dunia dan masuk "5 Besar". Itulah gatelnya posisi analis.

Reinkarnasi "Maersk Line" (jelmaan dari "Maersk Sealand" dengan "P&O Nedlloyd") - afiliasi A.P Moller-Maersk Group di sektor transportasi laut (kontainer) - saat ini menduduki peringkat 1 dunia dan menguasai hampir 17 % porsi kapasitas terpasang slot kapal (intake slot) diantara 1OO perusahaan pelayaran dunia. Cukup dominan memang.

Ditangannya udah ada 3 (tiga) nama pelayaran besar yang dicaplok, yaitu: "Sealand Services Inc." (SLS) dan "P&O Nedlloyd" (PONL - asalnya dari "P&O Container Line" dan "Nedlloyd" yang kemudian merger). Selain itu, ada pula nama "Safmarine", sang spesialis Afrika yang diambil-alih juga oleh A.P Moller-Maersk Group.

Benar ngga ya, benar ngga ya ? Itu juga pertanyaan kitaorang disini. Mohon bersabar karena kalo benar-benar terjadi, pokoknya aje gile deh dan luar biasa.

Puyeng ? Jangan 'lah. Waspada bolehlah. Sebab, yang mutusin ada ditingkat Prinsipal dan kitaorang kalo kerja sama mereka, tinggal pasrah dan berdo'a. Semoga semuanya lancar-lancar aja. Take care.

Related Articles by Labels



Widget by Hoctro
Follow Us

About Us

Advertisment

Like Us


TEU's
© Ship and cargo brokerage All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates