Tuesday, August 01, 2006

LANGKAH EKSPANSIF DP WORLD

DP World....


Dalam beberapa tahun kedepan, kekhawatiran top leader global operator seperti "Hutchison Whampoa Ltd" dan "PSA International" terhadap sepak terjang "Dubai Ports World" (DP World) kayaknya bakal betul-betul maujud dengan langkah-langkah ekspansif yang udah bisa dilihat dari sekarang. Ngga perlu nunggu nanti.

Di tahun ini aja, "DP World" ngumumin bakal membenamkan investasi lebih banyak di kawasan RRCina, Timur Tengah, Mediterania dan Amerika Utara (baca : Kanada). Buat kawasan Amrik yang masih alergi dengan sentimen anti-Arab maka alokasi dananya dialihkan ke negara tetangga terdekat. Mereka bisa berkomentar, emangnya nyari duit cuma di Amrik doang ?

Salah satu negara tetangga yang sangat menerima kehadiran investor luar negeri adalah Kanada. Sebelumnya 6 (enam) pelabuhan di Amrik ex P&O Ports yang seharusnya berpindah tangan ke DP World tetapi karena alasan keamanan nasional, ditolak mentah-mentah oleh Parlemen Amrik. Port of Vancouver sebaliknya, melihat kerjasama dengan DP World, murni dari kacamata transaksi bisnis (komersil) bukan dari sisi politis. Dunia oh dunia.

Di Vancouver sendiri ada beberapa terminal besar yang dioperasikan, seperti : "Centerm" (P&O Ports punya konsesi di 2 dermaga), "Vanterm" dan "Deltaport". Seperti halnya pantai barat Amrik yang ketiban rejeki dengan booming-nya perekonomian RRCina maka Vancouver pun menikmati pertumbuhan volume kargo tahun 2OO5 sebesar 6 %, menjadi 1,8 juta TEUs dan kargo RRCina kasih kontribusi growth 1O %.

Sementara itu, area lain yang diincar adalah kawasan Med. Beberapa waktu lalu rombongan besar dari Dubai mengunjungi Yunani didampingi penggede dari Kementerian Perhubungan Yunani, Manolis Kefaloyiannis. Pelabuhan yang dijenguk adalah : Piraeus, Thassaloniki dan Tympaki (Kreta). DP World cenderung memilih ke Tympaki.

Dimanapun juga, DP World udah menegaskan. Duit ngga masalah. Dimana ada peluang, do’i bakal ngegarap abiiiz. Asal mendayagunakan SDM setempat, kayaknya gejolak sosial bisa diminimalisir. Saat ini DP World menjadi operator pelabuhan ke-3 terbesar didunia setelah mencaplok aset "P&O Ports" tahun lalu dengan nilai transaksi fantastis, USD 6,8 milyar.

Selamat berekspansi dan semoga sukses.

Posted By: .

LANGKAH EKSPANSIF DP WORLD

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

No comments:

Post a Comment

Related Articles by Labels



Widget by Hoctro
Follow Us

About Us

Advertisment

Like Us


TEU's
© Ship and cargo brokerage All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates