Untuk negara maju seperti Hong Kong, kayaknya cargo manifest dari perusahaan pelayaran hanya akan menjadi kenangan indah karena perannya akan digantikan alat baru yang disebut "electronic data interchange" (EDI) - seiring dengan semakin memasyarakatnya teknologi informasi disana.
Sumber-sumber di pemerintahan Hong Kong menyebutkan bahwa kalo amandemen ini diloloskan maka per tanggal 16-6-2OO6 mendatang, semua manifest untuk angkutan laut dan sungai akan diaktifkan via internet. Ngga pake cara lama alias manual Jek. Lumayan repot 'loh, setiap manifest berisi 3 (tiga) lembar yang harus didistribusikan ke 3 lembaga terpisah. Bayangin kalo pake electronic ways ? Hmmm nyam-nyam hidup tambah nyaman.
Juru bicara dari pemerintah Hong Kong menjelaskan, penggunaan layanan elektronik ini akan mengurangi waktu dan tenaga yang selama ini dialokasikan untuk distribusi manifest dan diharapkan kedepannya bisa menyederhanakan prosedur sehingga lebih efisien. Sebenarnya, penyerahan dokumen secara elektronik udah cukup lama diperkenalkan di Hong Kong, sejak tahun 2OO3 dan bila usulan tadi disetujui, maka setelah Juni 2OO6, ngga ada lagi manifest dicetak dalam bentuk hard copy (kertas).
Pengajuan ini diusulkan setelah adanya dialog konstruktif diantara industri terkait dan kesiapan masing-masing pihak (pelayaran, maskapai penerbangan dan lain-lain) dan telah disepakati pertengahan tahun 2OO6 sebagai batas transisi antara jaman kertas (paper) dan elektronik (paperless).
Nah, pastinya negara lain akan segera mengikuti pola yang sama. Akankah kita tertinggal 1O tahun dibelakang ato malah tahun depan udah siap-siap "e-service" dimasyarakatkan di republik ini ? Just wait and see.
Sumber : HKSG.
Saturday, March 04, 2006
"CARGO MANIFEST" AKAN JADI SEJARAH
"CARGO MANIFEST" AKAN JADI SEJARAH
"G.A" & "MSC" TEKEN KONTRAK DENGAN "VPA"
Ini mungkin bakal menjadi tahun-tahun terindah yang dicapai oleh port operator "Virginia Port Authority" (VPA) di Amrik sana. Bayangin aja, tahun ini aja ada sederet perusahaan pelayaran nanda-tangan kontrak 1O tahun biar dapat jaminan kepastian sandar.
Yang pertama adalah konsorsium "Grand Alliance" (G.A). Tiga anggota utamanya : NYK Line (North America), OOCL (USA) dan Hapag Lloyd - CP Ships setelah negosiasi selama setahun akhirnya memutuskan oke untuk menandatangani kontrak senilai USD 5OO.OOO juta, sekaligus menorehkan sejarah baru buat VPA. Menurut sang boss Joe Dorto, CEO & General Manager VIT (bukan merek minuman air mineral tapi singkatan dari "Virginia International Terminals Inc"), nego lamaan dikit ngga apa-apa yang penting hasilnya bisa untuk jangka panjang. Betul itu !
G.A ngoperasiin 6 servis dari Port of Virginia dangan cakupan pasarnya ke Asia, India dan anak benuanya, Timur Tengah, Eropa serta Amerika Selatan - demikian seperti diungkap oleh Tom Capozzi (Senior Managing Director - Marketing).
Selama hampir 5 tahun kebelakang, pertumbuhan G.A mencapai 8O % hingga volumenya mencapai 3OO.OOO TEUs per tahun, menjadikan G.A sebagai Customer terbesar hingga saat ini. Kebetulan kontrak yang lama berakhir di penghujung tahun 2OO5 lalu. Rencananya, G.A pake "Norfolk International Terminals" (NIT).
Selain G.A, ternyata perusahaan pelayaran terbesar ke-2 di dunia "Mediterranean Shipping Company" (MSC) juga mengikat kontrak 1O tahun. Bukan ngga mo kalah 'loh tapi pastinya dapat kompensasi yang menarik he 3x.
MSC mastiin bahwa volume per tahunnya bisa nyampe 65.OOO TEUs dan bakal merelokasi dari terminal yang sekarang dipake "Newport News Marine Terminals" ke "Norfolk International Terminals" (NIT) dermaga selatan. Efektif mulai kapan tuh ? Per awal bulan Maret ini !
MSC pilih NIT karena disana fasilitasnya lebih lengkap, ada operasi jaringan rel kereta api yang baru dan dermaga ini merupakan salah satu dermaga samudera laut dalam (deep-sea water). Jadi cocok buat kapal-kapal MSC yang memang ukurannya pfffuih ... gede banget Bro'.
MSC menjalin kerjasama dengan VPA sejak 1986. Untuk tahun 2OO5, VPA menangani 1,98 juta TEUs. Siiip 'lah. Dan yang punya catatan kontrak 1O tahun dengan VPA selain G.A dan MSC adalah "China Shipping Container Lines" (CSCL), konsorsium CKY (COSCO, "K" Line, Yang Ming) dan Turkon.
Sumber : Dari Sana-sini.
"G.A" & "MSC" TEKEN KONTRAK DENGAN "VPA"
Thursday, March 02, 2006
Service trucking inland per/kg rate
RRekan - Rekan,
Sehubungan dengan kebutuhan new project kami, maka dengan ini kami membutuhkan service trucking inland. Akan tetapi trucking inland services tersebut adalah service yang bukan Rp/Trip melainkan Rp/Kg --> atau dengan kata lain service LTL (Less Truck Load) --> atau biasa di kenal dengan cargo konsul.
Apabila dari rekan - rekan ada yang mempunyai services seperti yang saya jelaskan diatas mohon hubungi melalui Japri or telp.
Terima Kasih sebelumnya,
Salam,
Aulia Febrial Fatwa
Logistics Manager
PT. Dunia Express Transindo
Logistics Division
Hp : 0815 184 9596
Flexi : 021 702 25 797
Email-1 : sini
Email-2 : sana
Service trucking inland per/kg rate
Wednesday, March 01, 2006
Mencari internship dalam bidang logistik
Halo,Nama saya Ira, mahasiswi dari Maastricht University,Belanda. Saya mengambil spesialisasi dalam bidang supply chain management dan sangat berkeinginan untuk mendapat pengalaman nyata bagaimana cara kerja sistem logistik di Indonesia selama liburan musim panas saya, dari bulan Juli-Agustus 2006.
Saya sudah melakukan pencarian di website, akan tetapi sangat sulit menemukan internship yang fokus pada proses logistik. Oleh karena itu, saya ingin meminta informasinya ,jika ada dari Anda mempunyai informasi mengenai perusahaan yang membuka kesempatan untuk internship di bidang terkait dengan inventory control, purchasing, atau transportation.
Terima kasih,
Ira Wibisono
e-mail: ira.wibi@gmail.com