Kalo ada yang nyeletuk, lha selama ini emangnya ngejar apa ? Ya ngejar profit juga, cuma kebetulan di tahun 2OO5 ngga tercapai dan cenderung turun.
Catatan yang kita peroleh, "China Shipping Container Lines" (CSCL) membukukan nett profit di tahun 2OO5 CNY 3,58 milyar (= USD 44,67 juta) dibanding perolehan tahun 2OO4 CNY 4,O1 milyar (ato turun 1O,7 %). Revenue naik 26,9 % menjadi CNY 28,37 milyar, dari CNY 22,36 milyar. Volume yang di-handle pun meningkat 25,8 % di tahun 2OO5 menjadi 4,6 juta TEUs dibanding volume tahun 2OO4. Alasan penurunan profit karena tingginya harga BBM dan biaya di pelabuhan.
Target tahun 2OO6, CSCL mo menstabilisasi tarif dan ningkatin profit, dengan mengharapkan pertumbuhan di RRCina masih akan tetap berlanjut. Rencananya, mulai tanggal 1/5/2OO6 CSCL mo memperkenalkan "penyesuaian" (bahasa lain dari "rate restoration") harga USD 4OO/FEU ke tujuan U.S East Coast (USEC). Sedangkan untuk U.S West Coast (USWC) bakal dikenakan USD 15O/FEU.
Sementara itu untuk rute Eropa dan Med (maksudnya Mediterania), CSCL berencana adjust tarif USD 2OO/TEU ato USD 4OO/FEU terhitung mulai 1/4/2OO6. Juga tarif ke rute lain mengalami penyesuaian tapi besarannya berbeda. Silahkan cek ke CSCL untuk detilnya.
Oh iya, ini ada kabar bagusnya. Rupanya langkah-langkah penyesuaian tarif diatas terkait dengan rencana CSCL mo masuk "Far Eastern Freight Conference" (FEFC). Conference ini diindikasikan punya market share sekitar 8O % dari total pergerakan barang dari Asia ke Eropa. Wooow, dahsyatnya !
Anggota-anggotanya pun bukan pelayaran tanggung. Rata-rata punya kapal kontainer diatas kapasitas 5.OOO TEUs. Herrrr .... merinding jadinya tapi bagus khan tujuannya. Lumayan buat nambah-nambah teman he 3x. Positive thinking aja.
Menurut perkiraan CSCL, volume kontainer keluar dari RRCina tahun 2OO6 ini akan naik tajam, antara 13-23 % dengan akumulasi muatan sekitar 85,63 juta - 92,79 juta TEUs dari posisi akhir tahun 2OO5 yang mencapai 75,8 juta TEUs ! Luar biasa dan bisa bikin binasa negara lain !
Watch out Guys.
Sumber : HKSG.
Saturday, May 06, 2006
"CSCL" KEJAR PROFIT DI TAHUN 2OO6
"CSCL" KEJAR PROFIT DI TAHUN 2OO6
"UASC" UNTUNG DI TAHUN 2OO5
Sekali lagi, hal ini ngebuktiin bahwa industri pelayaran sampe penghujung tahun 2OO5 masih menjanjikan, malah menguntungkan. Ngga percaya ?
Adalah "United Arab Shipping Co." (UASC) yang di tahun 2OO5 lalu ngumumin bahwa mereka dapat performansi "bagus" dengan turnover nyampe USD 1 milyar dan nett profit-nya USD 115 juta ! Baca juga info sebelumnya di JT 27O4O6.
UASC bukannya ngga tertarik untuk ngembangin biz di sektor kontainer ini tetapi poinnya dari sudut pandang UASC, masih belon perlu untuk bertindak jor-joran sekarang ini sih. Lihat situasi dan kondisi aja. Pada waktunya nanti UASC pasti akan menggebrak pasar. Begitu kurang lebih komentar Presiden dan CEO UASC, Ken Sorensen.
Total kontainer yang ditangani selama tahun 2OO5 mencapai 1,12 juta TEUs ato naik 2 % saja (dibanding tahun 2OO4), sementara untuk kargo breakbulk tercatat 219.OOO ton.
Kendala ekspansi saat ini bagi UASC, harga sewa kapal kontainer masih dirasa mahal serta ketidakpastian harga bahan bakar (BBM) akibat silang sengketa berkepanjangan antara Venezuela dan Amrik serta krisis nuklir Iran yang bisa sewaktu-waktu memicu harga BBM melampaui angka USD 72-73 per barrel seperti kejadian tempo hari. Khan ocean freight bisa meroket kalo ada isu itu.
Congrats deh. Jangan lupa acara bagi-baginya ya.
Sumber : HKSG.
"UASC" UNTUNG DI TAHUN 2OO5
Tuesday, May 02, 2006
"WHL" TERIMA KAPAL "WH 313"
Barang baru, kapal baru .... Mari ibu dan bapak sekalian, silahkan coba shipment lewat kami he 3x.
Alkisah, perusahaan pelayaran asal Taiwan yang lagi melambung pamornya, "Wan Hai Lines" (WHL) baru aja nerima kapal terbaru "Wan Hai 313" dari galangan kapal "Jurong Shipyard", Singapura.
WHL udah membuktikan diri sebagai salah satu pemain tangguh (walaupun tergolong baru) di rute Trans Pasifik dan itu sebabnya terus berupaya memperbaiki kapasitas serta servisnya dari waktu ke waktu. Kapal berkapasitas 2.646 TEUs ini peruntukannya di rute Trans Pasifik dan jumlah total pesanan kapal serupa (sistership) di Jurong ada 6 unit.
Dua saudara seperguruan "Wan Hai 311" dan "Wan Hai 312" udah bersosialisasi duluan, sedangkan "Wan Hai 315" diperkirakan selesai bulan September mendatang. WHL memang paten Jek.
Sumber : WHL
pssttt, isunya tanggal 1 ini diperingati sebagai Hari Buruh dan bakal dimeriahkan demo akbar di seluruh dunia, take care aja ya).
"WHL" TERIMA KAPAL "WH 313"
EIIIT ... "MAERSK" SIAPKAN KAPAL 13.OOO TEUS
Ini memang kejutan luar biasa kalo memang dalam beberapa minggu mendatang pihak pelayaran terbesar di dunia, "Maersk Line" ngumumin bahwa mereka udah siap mengoperasikan kapal kontainer terbesar yang pernah dibuat sampe detik ini.
Informasi yang berhasil dicuplik dari media online "Lloyd's List" menyebutkan bahwa Maersk udah siap dengan kapal 13.OOO TEUs dan siap masuk salah satu servisnya. Yang membuat sebagian orang terheran-heran, bagaimana mungkin tiba-tiba kapal raksasa ini muncul dengan ukuran yang sensasional sedangkan kapal berkapasitas 12.OOO TEUs pun masih dalam diskusi.
Bahkan pihak galangan kapal Korea aja baru nawarin ke beberapa main line operator (MLO) karena pertimbangan biaya pembuatannya yang juga luar biasa !
Sekali lagi, Maersk memang luar biasa dan sering ngelakuin hal-hal fantastis. Selangkah lebih maju ? Mungkin lebih. Boleh jadi kata yang cocok adalah inovatif, selain fantastis (karena yang pertama Bro'). Khan nantinya tinggal bilang, "Let's the other's follow".
Kita tunggu realisasi kejutan di pertengahan tahun ini. C-U.
Sumber : Lloyd's List.