Lagi, upgrading servis yang dilakukan salah satu pemain besar di industri maritim untuk mempertahankan eksistensi mereka di pasar. Dia adalah perusahaan pelayaran Korea, "Hanjin Shipping" (HJS) yang digosipin tahun ini bakal mengakuisisi pelayaran lain. Siapanya masih belon jelas, wong ini masih wacana internal mereka.
Efektif per tanggal 2O-3-2OO6, HJS ngumumin servis baru yang diberi nama "New Asia Med Express" (NMX) hasil dari swapping slot dengan mitranya di aliansi strategis "CKYH", yaitu YML dan "K" Line yang menyebutnya dengan "AMS2".
Rotasi NMX sebagai berikut: Shanghai Ningbo Xiamen Kaohsiung Yantian Singapura Jeddah Suez - Port Said Genoa Fos Valencia - Port Said Suez Singapura - Hong Kong - Shanghai.
Bagi HJS, NMX bakal ngelengkapin servis yang sekarang dimilikinya, yaitu "China Med Express" (CMX) dan "Med Express" (MEX). CMX dioperasikan oleh YML dan "K" Line serta HJS sedangkan MEX merupakan hasil kerja bareng HJS, Senator Lines, UASC dan MOL.
Rute lainnya yang dibenahi HJS adalah : "China Northeast Service" (CEN), yang ngehubungin antara Cina sebelah utara dan Amrik pantai barat. Efektif per tanggal 1-4-2OO6 HJS ngebeli slot dari Coscon yang nyiapin armada 5 x 5.5OO TEUs. Port rotation CEN selengkapnya sebagai berikut : Dalian Tianjin Qingdao Yokohama - Long Beach Oakland Yokohama - Qingdao.
Bahkan berdasarkan press release terakhir HJS, mereka ngorder 4 x 4.3OO TEUs senilai USD 257 juta dengan Samsung Heavy Industries (SHI). Spesifikasi yang diminta HJS simpel, kapal tersebut harus punya mesin yang tangguh dan punya kecepatan tinggi. Kapal yang diminta punya kapasitas 4.275 TEUs, bobot 39.OOO DWT, panjang 26O,7 meter dan lebar 32,2 meter serta speednya 24,5 knot. Pokoke be careful aja.
You can do the best for your Customer Guys. Sori rada telat update datanya, karena kebanyakan libur sayangnya jatuh pas tanggal tua, jadi banyak-banyak ngerumpi disini nih he 3x. Cekak boss.
Sumber : HJS.
Saturday, April 15, 2006
"HJS" UPGRADE SERVIS & ORDER KAPAL 4.3OO TEUS
"HJS" UPGRADE SERVIS & ORDER KAPAL 4.3OO TEUS
"HORIZON LINES" CAPAI DEAL
Setelah negosiasi berlangsung lama, akhirnya perusahaan pelayaran Amrik, "Horizon Lines" setuju dengan tawaran "Ship Finance International" untuk ngebiayain sewa kapal kontainer anyar dalam jangka panjang (long-time charters) sebanyak 5 (lima) unit dari pihak ketiga.
Nilai sewanya mencapai USD 28O juta dan kapal segede apa yang mo disewa dan dioperasikan dimana, masih perlu penyelidikan lebih lanjut. Tempo hari sih ada rencana untuk ekspansi ke Asia. Tapi sebaiknya, kita tunggu setelah liburan panjang terlewati. Ok ?
Have a nice long holiday and C-U.
Sumber : EFT.
"HORIZON LINES" CAPAI DEAL
Thursday, April 13, 2006
RESTRUKTURISASI ORGANISASI "YML"
Untuk tetap bisa mengikuti tren bisnis kedepannya dan agar tetap mampu mengelola manajemen secara profesional, perusahaan pelayaran asal Taiwan "Yang Ming Marine Corp." (YML) per tanggal 1-4-2OO6 melakukan restrukturisasi organisasi.
YML membentuk 6 (enam) departemen baru untuk menangani tugas-tugas khusus (special tasks) : Tramp Business, Special Business, Risk Management & Legal Affairs, Revenue & Expenditure Management dan Enterprise Development.
Terkait dengan bagian Tramp Business, komposisi nantinya akan dikembangkan jadi 7 bidang dan langsung dipimpin para eksekutif, yaitu : 1) Liner Business Group dibawah kewenangan R.B Chiou, 2) Global Logistics Group dipimpin Herbert Lin, 3) Taiwan Operation Group dikomando J.S Wang, 4) Finance Group langsung dikontrol Gary Soang, 5) Information Technology & Business Processing Group dikepalai Wen-Jen Chen, 6) Marine Technology Group dibawah ketua R.L Wu serta 7) Global Management Group dibawah perintah Robert Ho.
Menurut pernyataan dari YML, Global Logistics Group akan mencakup juga 3 (tiga) departemen fungsional : Operations, Equipment Management & Technical dan Risk Management & Legal Affairs. Herbert Lin yang sekarang jadi juragan di Global Logistics Group, sebelumnya pernah mengepalai bagian Operasi. Jadi, dia tahu banget apa yang harus dikontrol dan dikerjakan anak buahnya kelak.
Congrats deh kalo restrukturisasi YML bertujuan demi meraih masa depan yang lebih baik. Everybody happy dan perlu diingat, di organisasi yang dinamis manapun ngga ada tuh struktur organisasi yang mapan, apalagi bertahan lama. Setiap waktu bisa disesuaikan dengan perkembangan terkini. Buat karyawannya, harus pintar-pintar baca situasi karena di dunia ini ngga ada yang langgeng.
Sumber : Yang Ming.
RESTRUKTURISASI ORGANISASI "YML"
Sunday, April 09, 2006
"CMA CGM" OPERASIKAN "CIMEX"
Perbaikan servis bagi setiap pelayaran mirip cerita tak berujung. Selalu dan selalu dievaluasi untuk mencari peluang terbagus. Mo apalagi ?
Kali ini perusahaan pelayaran CMA CGM mengoperasikan servis baru yang akan menghubungkan Asia, India dan Timur Tengah. Servis barunya ini diberi nama "CIMEX", singkatan dari "China India Middle East eXpress" dan ditujukan untuk menggantikan servis "Super Galex" - hasil kerja bareng dengan Norasia, Gold Star Line (GSL) dan Hanjin. Kerjasama dengan pelayaran-pelayaran ini akan berakhir bulan Juli mendatang.
CMA CGM bakal ngoperasiin 5 x 2.5OO TEUs dengan rute : Ningbo - Shanghai - Chiwan - Port Kelang - Nhava Sheva - Jebel Ali - Khorfakkan - Bandar Abbas - Port Kelang - Shanghai.
Dalam kesempatan lain, juragan CMA CGM Jacques Saade mengingatkan rekan-rekan di pelayaran untuk berhati-hati dengan tawaran dari galangan kapal Korea dengan kemampuan yang "waaah" yakni 12.OOO TEUs dan bisa mulai dikirim per tahun 2O1O.
Maksudnya apa ya ? Itu dia yang kitaorang juga lagi nyari tahu. Soalnya kutipan sang maestro terlalu singkat di media online "Lloyd's List" sehingga kita musti rada bersabar untuk bisa tahu kejelasannya. Mungkin harganya mahal ato belon teruji, gitu. Ato malah takut keduluan he 3x.
Bebas aja koq persepsinya. Cuma ngingetin khan ngga ada salahnya. Apalagi, resiko ditanggung sendiri. Habis perkara. Itu aja sih Met liburan oanjang ya.
Sumber : Dari Sana-sini.