Tuesday, April 18, 2006

KEBUTUHAN 3PL MENINGKAT DI ASEAN

3 PL....


Sebuah analisis yang dikeluarkan oleh "Frost & Sullivan" mengindikasikan kalo kebutuhan "third party logistics" (3PL) di negara-negara ASEAN bakal meningkat seiring dengan tujuan perusahaan : mengurangi biaya dan fokus ke kompetensi dasar.

Menurut periset dari "Frost & Sullivan", Aarthi Nandakumar, kendala perdagangan regional bisa dimanfaatin oleh penyedia jasa 3PL untuk nawarin layanan yang lebih kompetitif dan terpadu, selain mendorong "multi national company" (MNC) untuk ningkatin investasinya di negara yang bersangkutan. Pasar logistik ASEAN diperkirakan tumbuh pesat karena pertumbuhan tingkat konsumsi masyarakatnya, adanya liberalisasi perdagangan dan tawaran biaya murah.

Pasar 3PL di ASEAN diperkirakan bakal meraup pendapatan (revenue) USD 14,84 milyar di tahun 2OO6 dan meningkat tajam sampe USD 27,85 milyar di tahun 2O12 mendatang. Selain harapan, prospek logistik juga memunculkan kekhawatiran akan : jaringan infra-struktur yang memble, kekurangan sumber daya manusia (SDM) terlatih serta teknologi dan pasar yang terdiversifikasi (ekonomi, budaya dan geografi) dengan cepat. Aje gileee Jek, peluang nih peluang.

Layanan yang efisien dari 3PL sangat tergantung di jaringan infra-struktur, seperti : kondisi jalan, jaringan komunikasi, fasilitas di pelabuhan dan bandar udara. Kalo negara-negara ASEAN bisa manfaatin momen ini, maka pertumbuhan industri logistiknya akan tumbuh secara luar biasa dibandingin kawasan manapun juga. Perputaran arus barang akan lebih cepat dan lancar serta merta modal masuk, buruh dan servis akan membaik pula. Semuanya saling bergantung satu sama lain.

Masalahnya, apakah negeri ini bisa memanfaatkan peluang tadi sehingga hasil yang dicapai optimal ? Tergantung niatan pemerintah dan bagaimana juga mengakomodasikannya dengan baik dan melibatkan semua pihak. Selamat berjuang. Merdeka !

Sumber : EFT (kebetulan lagi biz trip ke Kalimantan 17-22/4/2OO6)

Posted By: .

KEBUTUHAN 3PL MENINGKAT DI ASEAN

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

No comments:

Post a Comment

Related Articles by Labels



Widget by Hoctro
Follow Us

About Us

Advertisment

Like Us


TEU's
© Ship and cargo brokerage All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates