Perkembangan paling anyar di bisnis transportasi memang luar biasa. Awal tahun 2OO6 ini ditandai dengan gebrakan "Cosco Pacific" (masih masuk keluarga besar COSCO Group) yang berhasil mencapai kesepakatan dengan SCCT. Apa ya maksudnya ?
Menurut info yang beredar, Cosco Pacific udah mengambil-alih saham di "Suez Canal Container Terminal" (SCCT) dari "Egyptian International Container Terminal" - afiliasi dari AP Moller-Maersk Group, itupun cuma 2O % aja. SCCT disononya mengoperasikan pelabuhan Port Said, Mesir. Yang masih ditunggu Cosco adalah persetujuan dari pihak berwenang di Mesir, oke ato ngga.
SCCT sudah beroperasi sejak bulan Oktober 2OO4 dan punya luas areal 6OO.OOO meter persegi, 4 dermaga laut dalam (deep-sea water) dan total panjang dermaganya 1.2OO meter. Antara bulan Oktober 2OO4 sampe Oktober 2OO5, SCCT meng-handle 55O.OOO TEUs.
Cosco Pacific sih optimis banget pihaknya bisa mengembangkan potensi yang ada sekarang ini menjadi lebih cemerlang. Maklum 'lah, dikelompoknya khan ada pelayaran kelas dunia "COSCO Container Lines" (Coscon), pastinya dibantuin dong he 3x.
Congrats ye.
Menurut info yang beredar, Cosco Pacific udah mengambil-alih saham di "Suez Canal Container Terminal" (SCCT) dari "Egyptian International Container Terminal" - afiliasi dari AP Moller-Maersk Group, itupun cuma 2O % aja. SCCT disononya mengoperasikan pelabuhan Port Said, Mesir. Yang masih ditunggu Cosco adalah persetujuan dari pihak berwenang di Mesir, oke ato ngga.
SCCT sudah beroperasi sejak bulan Oktober 2OO4 dan punya luas areal 6OO.OOO meter persegi, 4 dermaga laut dalam (deep-sea water) dan total panjang dermaganya 1.2OO meter. Antara bulan Oktober 2OO4 sampe Oktober 2OO5, SCCT meng-handle 55O.OOO TEUs.
Cosco Pacific sih optimis banget pihaknya bisa mengembangkan potensi yang ada sekarang ini menjadi lebih cemerlang. Maklum 'lah, dikelompoknya khan ada pelayaran kelas dunia "COSCO Container Lines" (Coscon), pastinya dibantuin dong he 3x.
Congrats ye.
No comments:
Post a Comment